Menu
Layanan Jasa Desain Rumah Online Murah & Berkualitas

Desain Rumah Ramah Lingkungan

Sep
16
2012
by : Satriyo. Posted in : Artikel

rumah ramah lingkunganRumah Ramah Lingkungan. Dunia saat ini sedang memberikan perhatian lebih pada desain rumah yang memiliki elemen hijau untuk membantu kelestarian planet kita. Itu bisa berarti bahwa sebuah rumah harus bisa memanfaatkan bahan-bahan bangunan yang bisa didaur ulang. Kemudian rumah juga seharusnya bisa mengatur penggunaan energy secara efisien.

Efisiensi energi adalah aspek yang paling diutamakan dalam pembuatan desain rumah saat ini, meskipun rumah tersebut dibuat dari bahan yang ramah lingkungan ataupun tidak. Gambar rumah disusun sedemikian rupa dengan memberi perhatian pada sirkulasi udara dan panas dalam rumah juga curahan cahaya alami pada siang hari. Bahkan peralatan rumah juga diseleksi agar bisa lebih menghemat energy.

Pemilik rumah sering meminta agar kontraktor menggunakan bahan-bahan daur ulang sehingga memperoleh tampilan yang unik dan disatu sisi mereka juga bisa menghemat pohon. Pemakaian material yang ramah lingkungan juga digunakan karena mudah didapatkan. Bahan material tersebut bisa didapat dari bongkaran rumah lama, atau toko-toko khusus penyedia bahan bangunan setengah pakai.

Kemudian peralatan rumah tangga seperti mesin cuci, pengering, AC, kompor, lemari es, dan peralatan listrik kecil juga bisa mengkonsumsi banyak energy. Oleh karena itu anda harus teliti mengamati berapa daya yang dibutuhkan untuk menyalakan peralatan tersebut. Jika anda ingin mengganti peralatan baru, sebaikanya perlatan lama jangan dibuang tapi berikan pada orang lain supaya tetap bisa digunakan atau anda bisa juga menjualnya ke toko barang bekas.

Furniture adalah unsur lain di rumah Anda yang tidak boleh diabaikan dalam rencana desain. Kebanyakan orang, ketika saatnya untuk mendesain ulang tampilan rumah, mereka selalu mempertimbangkan untuk membeli furnitur baru. Itu bisa berarti bahwa furnitur yang lebih tua akan berakhir di tempat pembuangan sampah. Jadi bijaklah dalam mengambil keputusan.  Membeli furniture baru seperti meja dan kursi, meja, sofa, biro dan item lainnya pastinya membutuhkan biaya yang mahal. Akan lebih baik jika kita tetap konsisiten untuk menjaga rumah agar tetap ramah lingkungan dan memanfaatkan uang tersebut untuk hal yang lain.

Jika furnitur anda sudah usang atau rusak, anda masih bisa memperbaikinya dan merubahnya menjadi baru. Jika furniture tersebut masih dapat dicat atau didaur ulang mengapa anda tidak mencobanya? Anda sendiri yang paling tahu bentuk apa yang paling cccock utuk ruangan anda. Anda bisa merekontruksi mebel tersebut dengan menambahkan kontur pada kaki atau detail-detai lain sehingga furniture lama anda akan tampil baru.

Sebenarnya tidak memerlukan biaya banyak untuk memiliki rumah ramah lingkungan, malah seringnya kita bisa lebih menghemat uang. Patut dipertimbangkan bukan?

 

artikel lainnya Desain Rumah Ramah Lingkungan

Tuesday 15 January 2013 | Artikel

Sebuah dinding pada ruang dengan gaya minimalis yang bersih akan terlihat apik jika kita menambahkan aksen…

Wednesday 17 December 2014 | Artikel, Jagongan

Rumah adalah sebuah kebutuhan yang pokok, penting dan sakral. Saya jadi teringat dengan salah seorang teman…

Thursday 30 July 2015 | Artikel

Tangga sebagai syarat mutlak bangunan bertingkat Jika anda hendak membangun sebuah rumah dua lantai maka anda…

Sunday 30 March 2014 | Artikel

Sejak kecil dulu, aku memang ingin jadi arsitek. Meskipun masih samar karena aku belum bisa membayangkan…