Home » Artikel » Desain Rumah Minimalis

Desain Rumah Minimalis

Sep
20
2012
by : Satriyo . Posted in : Artikel

desain rumah minimalis jepangDesain rumah minimalis merupakan pilihan yang sedang ngetrend saat ini. Banyak orang yang suka dengan gaya ini karena bentuknya yang sederhana, praktis, dan nyaman. Kalau kita amati lebih dalam, desain minimalis lebih cenderung dipengaruhi oleh unsur-unsur seni Jepang pada garis yang bersih dan ruang terbuka. Desain seperti ini menghindari fitur rumit, kekacauan, dan barang-barang yang tidak diperlukan yang akan memenuhi ruang.

Jika Anda ingin menerapkan prinsip ini pada arsitektur rumah Anda sendiri, Anda harus fokus pada hal yang sederhana dan menjaga hal-hal yang natural. Anda harus memilih atap datar dan ruang yang lebih terbuka. Untuk desain interior rumah Anda, jika Anda perlu untuk memiliki ruang pribadi, cobalah menghindari dinding permanen dan menggunakan shoji atau pintu geser sebagai gantinya. Dengan cara ini, Anda masih dapat memiliki ruang terbuka ketika Anda tidak perlu daerah tertutup.

Lantai juga harus diberi tema yang sederhana dan alami. Kayu sering menjadi pilihan untuk gaya ini. Anda masih dapat memiliki ubin batu, tetapi hindari jenis mengkilap. Ubin batu yang menyatu dengan  warna tanah akan terlihat lebih baik.

Balok kayu, dinding, dan plafond harus dibiarkan dalam penampilan mereka yang paling sederhana. Jika item tersebut dari bahan kayu, yang harus Anda lakukan adalah membiarkannya tampil alami sehingga bisa menonjolkan keindahan alami kayu. Barang-barang logam juga hanya di dipoles dan tidak dicat.

Desain rumah minimalis harus memiliki tampilan keseluruhan yang bersih dan simpel. Ketika memilih cat untuk dinding, Anda masih bisa menggunakan warna selain putih, tapi harus tetap dengan suasana netral. Warna terkuat yang dapat anda pilih adalah warna pucat terra cotta. Pedoman dalam memilih warna untuk jenis desain ini adalah dengan tetap menciptakan nuansa ruang terbuka. Warna yang membuat suatu daerah merasa tertutup harus dihindari. Idenya adalah agar  rumah Anda bisa selaras dengan alam. JIka anda menghendaki Anda juga dapat menambahkan pintu kaca untuk sentuhan modern.

Jendela juga merupakan komponen penting dalam menciptakan ruang terbuka dalam desain rumah minimalis. Jendela geser besar merupakan pilihan yang ideal. Jika Anda perlu menggunakan tirai, pilih yang terbuat dari bambu atau kayu atau material lain yang berwarna netral. Jika Anda memilih untuk menggunakan tirai, jangan gunakan yang berpola  bunga atau hiasan lain. Pilihlah yang berbahan tipis, sebaiknya putih, beige, pasir, dan warna netral lainnya.

Semoga ide ini bisa membantu Anda mewujudkan rumah minimalis yang Anda impikan. Anda dapat menambahkan konsep sendiri untuk menambahkan sentuhan pribadi. Yang penting selalu ingat konsep ruang terbuka dan menyatu dengan alam.

 

 

Share artikel ini...

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

2 komentar tentang “Desain Rumah Minimalis”

  1. adhie says:

    di tengah2 taman depan rumah saya terdapat sumur sbg sumber air keluarga yang juga bermanfaat pula bagi tetangga. Mohon solusinya bila saya mau “menumbuhkan” rumah saya yang skarang baru berukuran 8m X 8m dgn 1KT, menjadi 3 KT Smentara luas lahan taman 8m X 8m. Thax,,

    • chalvary says:

      Sdr. Adhie, agar kami bisa memberikan masukan mohon kirimkan sketsa denah rumah dan taman eksisting agar bisa kami pelajari. Terimakasih,

Bagaimana pendapat anda? Silahkan berkomentar disini...

JASA DESAIN RUMAH
Perum. Taman Sakinah Asri B2 Tlogowungu Pati Jateng
Phone 082135688202
Copyright © 2012