Denah Rumah Minimalis Yang Paling Sesuai Kebutuhan Anda

denah rumah minimalis
image : www.conceptplans.com

Seperti apakah denah rumah minimalis yang paling bagus?

 

Mungkin itu adalah pertanyaan yang muncul dibenak anda ketika mulai tertarik dengan rumah bergaya minimalis.

 

Baik, sebelum kita masuk pada denah rumah minimalis, mari kita  ulas sebentar apakah yang dimaksud dengan rumah minimalis.

 

Minimalisme adalah sebuah konsep yang memprioritaskan pada hal yang esensial. Ketika konsep ini diterapkan pada desain rumah maka konsekwensinya rumah tersebut harus mengutamakan hal-hal yang paling penting saja.

 

Konsep ini seharusnya meresap pada setiap bagian dari desain rumah, baik pada bentuk, ornamen, detail, hingga denahnya.

 

Agak sulit memang memadukan esensialitas yang bermuara pada kesederhanaan dengan seni rancang bangun yang bertujuan menghasilkan keindahan.

 

Tapi itu yang menarik dari desain rumah mininalis.

 

Sederhana tapi indah.

 

Sederhana bukan hanya terkungkung pada harga yang murah tapi harusnya lebih pada value dan fungsi.

 

Nilai nominal tidak menjadi parameter.

 

Sehingga dengan demikian rumah bermaterial mahal tetap bisa tampil sederhana dan rumah bermaterial murah bisa saja bertampil indah.

 

Semua tergantung bagaimana kita mendesainnya. Ada banyak karya masterpiece arsitek yang menggunakan finishing material murah seperti bata merah, acian semen, bambu dan kayu bekas.

 

Kembali ke denah rumah minimalis
Konsep minimalis yang komprehensif akan terintegrasi hingga denah.

 

Sesuai dengan konsepnya, denah rumah minimalis juga mengedepankan efisiensi pada fungsi ruang, sirkulasi dan faktor-faktor kenyamanan yang penting.
 

Persiapan data dalam menyusun layout denah

Karena kebutuhan tentang rumah tiap orang berbeda maka standart denah rumah minimalis yang paling pas bagi tiap-tiap orang juga tidak sama.

 

Sebelum penyusunan layout dimulai, mari kita bahas data-data apa saja yang akan anda perlukan :
 
– Berapakah jumlah penghuni rumah?

Jumlah penghuni rumah anda akan menentukan jumlah Kamar Tidur yang akan dibuat. Jika anak-anak anda masih kecil mungkin bisa digabung dalam satu kamar. Tapi perlu dipertimbangkan juga kalau mereka sudah besar nanti dan menginginkan kamarnya sendiri.

 

Jika anda punya asisten rumah tangga dan ikut tinggal di rumah maka perlu dipertimbangkan juga untuk membuat kamar khusus untuk mereka.

 

Jika luasan lahan memungkinkan dan ada dana yang cukup tidak ada salahnya jika anda juga membuat kamar tidur khusus tamu.

 

– Perlu garasi mobil atau cukup carport?

Jika anda punya mobil perlu dipikirkan juga apakah mau ditempatkan garasi atau carport. Tentu saja faktor ukuran lahan akan mempengaruhi keputusan anda.

 

– Perlukah garasi khusus untuk sepeda motor?

Ada orang yang kurang sreg menyimpan motor diruang tamu sehingga perlu membuat garasi khusus untuk motor. Garasi ini tidak perlu seluas garasi mobil. Apakah anda juga merasa memerlukannya?

 

– Perlukah tempat ibadah khusus/mushala?

Perlukah anda mempunyai tempat khusus untuk sholat atau cukup dilakukan di dalam kamar?

 

– Gudang apakah perlu juga?

Meskipun terlihat sepele, keberadaan gudang sebenarnya sangat penting. Barang-barang yang sementara belum terpakai akan lebih baik jika disimpan di gudang. Ruang yang dipakai sebaiknya menampung barang-barang yang benar-benar diperlukan saja sehingga mudah dalam pembersihan dan manfaat ruang bisa lebih optimal.

 

Prinsip utama dalam merencanakan denah rumah minimalis

Nah, setelah semua data terkumpul, ada beberapa prinsip dalam mendesain denah yang harus anda tahu. Prinsip yang akan diterapkan pada denah ini sangat penting bagi proses perancangan selanjutnya. Jika dari denah sudah benar maka pada proses selanjutnya akan lebih mudah mengontrolnya.

 

– Perhatikan ruang yang harus punya jendela.

Ada ruang-ruang dalam denah yang mau tidak mau harus punya jendela. Fungsi dari jendela adalah untuk mendapatkan pencahayaan matahari dan penghawaan udara alami. Demi kenyamanan anda sendiri sebaiknya jangan dilanggar prinsip ini. Ruang yang harus diprioritaskan adalah Kamar Tidur, KM/WC dan dapur. Idealnya semua ruang bisa memiliki jendela tapi dalam prakteknya faktor keterbatasan lahan sering menjadi kendala. Inilah tantangan yang harus dijawab dalam rekayasa desain.

 

– Garis Sempadan Bangunan

Dinas Tata Kota menetapkan aturan batas minimal bangunan anda terhadap jalan. Tiap-tiap area bisa saja berbeda. Karena ini sudah menjadi aturan sebaiknya jangan anda langgar selain bisa bermasalah saat pengurusan IMB, jangan sampai bangunan anda dibongkar karena kena batas pelebaran jalan.

 

– Sirkulasi efektif terbentuk dari hubungan atar ruang

Jalur Sirkulasi pada denah adalah area yagn akan dilintasi saat mengakses satu ruang ke ruang yang lain.
Hindari pemborosan space dengan membuat sirkulasi berbentuk  lorong. Akan lebih efektif apabila sirkulasi terbentuk dari hubungan antar ruang yang secara tidak langsung membentuk jalur sirkulasi.  Memang diperlukan banyak latihan untuk menguasai teknik ini.

 

Studi Kasus : Denah Rumah pada lahan 8 x 10

Oke, Kita sudah mengumpulkan data dan mengerti prinsip utama dalam merancang layout ruang. Sekarang mari kita praktekkan bersama.

 

Kita mulai dengan sebuah lahan berukuran 8 x 10.

 

Ukuran ini saya pilih karena relatif umum sesuai dengan jatah kapling kelas menengah pada umumnya.

 

Jika ukuran lahan anda sama persis, maka anda bisa langsung pakai denah kita nanti. Tapi jika ukuran lahan anda beda, maka anda tidak bisa mencomotnya mentah-mentah karena biasanya geser 50 cm saja sudah berpengaruh pada layout ruang-ruang yang lain. Tapi setidaknya anda sudah mengetahui prinsip dan kemungkinan otak atik ruang yang bisa diolah di lahan anda.

 

Kita akan mendesain dengan konsep rumah tumbuh, yang artinya rumah tersebut kita rencanakan sejak awal agar bisa dikembangkan secara berkelanjutan.

 

Denah rumah minimalis ini dibuat sesuai kebutuhan anda. Dimulai dari type 36, berkembang ke type 45, hingga ke type 60.

 

– Rumah type 36

Baik, kita akan mulai pada rumah type 36.

 

Rumah type 36 adalah rumah dengan luas bangunan 36 m2. Bisa jadi ada banyak variasi layout yang bisa dibentuk pada rumah type 36 pada lahan 80 m2. Tapi pastikan denah anda tidak melewatkan prinsip kenyamanan seperti penempatan jendela dan sirkulasi yang efektif.

 

Pada rumah ini saya ingin membuat 2 Kamar Tidur.  Karena luasannya terbatas maka Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Ruang Makan, dan dapur saya gabung jadi satu.

 

Seperti ini layoutnya :

denah rumah minimalis type 36

– Rumah type 45

Kemudian mungkin anda sudah memiliki tabungan yang cukup untuk merenovasi rumah.

 

Dapur yang menyatu dengan Ruang Keluarga dan R Tamu serasa kurang nyaman. Apalagi ruangan gabungan itu tidak terlalu luas. Pasti akan lebih menyenangkan apabila Dapur dan R. Makan berada di ruangan terpisah dengan R. Tamu dan R. Keluarga.

 

Hasilnya seperti dibawah ini.

denah rumah minimalis type 45

– Rumah type 60

Ketika anak-anak sudah tumbuh besar dan 2 Kamar Tidur dirasa masih kurang maka anda akan memerlukan satu kamar tidur lagi.

 

Dengan tetap melanjutkan dari desain yang sebelunya maka hasilnya seperti ini :

denah rumah minimalis type 60

Bagaimana dengan Desain Rumah anda sendiri?

Denah rumah diatas tentu belum bisa memenuhi semua kebutuhan orang. Jika anda punya mobil akan kebingungan dimana menaruhnya, karena kalau dibuatkan carport yang tersisa hanya 2 meter.

 

Jadi denah type 60 diatas disediakan bagi anda yang tidak punya mobil. Jika anda punya mobil dan menginginkan garasi, mudah saja, kita masih bisa membuat satu kamar tidur lagi diatas garasi dengan konstruksi 2 lantai.

 

Bisa saja anda punya ide lagi selain denah diatas. Itu bagus. Ada banyak variasi layout yang bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan ruang spesifik anda. Yang penting prinsip kenyamanan harus diingat : Pencahayaan alami, sirkulasi alami dan sirkulasi yang efektif.

 

Baiklah, selamat mendesain rumah anda sendiri. Jika anda punya gagasan dan ide yang menarik silahkan sampaikan komentar disini. Atau apakah anda punya masalah dalam menyusun layout? Ayo kita rembug sama-sama disini… 🙂

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Save

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*