Ciri-ciri desain rumah bergaya Scandinavian

Kemarin saya sudah singgung sedikit tentang desain ruang ala Scandinavian. Sebuah ruang bergaya Scandinavian dengan warna dinding pastel yang lembut memang membangkitkan kesejukan.

Ada beberapa apoint penting yang membuat saya sangat tertarik dengan desain ini. Yang pertama-tama adalah minimalisme. Kemudian fungsional, sederhana, dan sangat kreatif. Sering saya menemukan benda-benda yang sederhana namun dengan snetuhan Scandinavian menjadi sebuah komponen pembentuk desain yang sangat apik. Saya akan bahas ini lain kali. Serius. Bahkan mungkin kedepannya saya ingin menggali lebih banyak tentang desain ini.

UNtuk memahami sebuah desain Scandinavian, jika mat akita sudah peka maka hati kita kan merasa “UGH” saaat melihat komposisi desainnya. Dan jik akita bahasakan secara umum, maka kurang lebih berikut inilah tampilan utama atau ciri-ciri yang akan anda temukan pada desain rumah Scandinavian.

Tidak dipenuhi dengan karpet

Hasil gambar untuk scandinavian master bedroom
Kita akan jarang menemui ruang bergaya Scandinavian yang memenuhi ruangannya dengan karpet. material lantai dibiarkan tampil apa adanya. Bisa berupa keramik, batu atau kayu. Jika akan lembaran penutup lantai sebenarnya itu bukan karpet, meskipun fungsinya mirip karpet. Bagian yang tertutupi pun hanya sebagian kecil saja. Secara fungsional bisa dimanfaatkan untuk duduk agar tidak terlalu dingin saat bersentruhan dengan lantai. Dan selebiohnya befungsi sebagai aksen, untuk membangkitkan kesan ruang meallaui tampilan material atau warna karpet.

Warna yang cerah tapi lembut

Hasil gambar untuk scandinavian master bedroom

Warna gaya Scandinavian selalu cerah tapi tidak menyilaukan. Warna-warna yang dipilih berintensitas rendah dan cenderung ke putih. Sering disebut sebagai warna pastel. Mungkin karena dareah Scandinavia memiliki musim dingin yang cukup panjang sehingga mereka lebih suka warna yang terang agar tidak berkesan gelap. Dan hasilnya memang luar bisa. Adem banget di mata. Dan tentunya dibutuhkan kealhilan dengan latihan agar bisa memiliki kepekaan dalam memadu padankan warna-waran salem tersebut.

Material Kayu

Hasil gambar untuk scandinavian master bedroom
Kesan alami pada desain Scandinavian dimunculkan pada penggunaan material kayu. Kita bisa menemukan kayu pada lantai, perabot, dan perkakas. Tapi kita tidak bisa memilih sembarang kayu karena kecenderungannya kayu yang dipakai jug aberwaran cerah, seperti pinus. Jadi kalau kayu warna tua seperti jati atau mahoni mungkin kurang cocok, kecuali kit abisa menggunakannya sebagai aksen.

Kesan Bersih

Gambar terkait
Seperti desain gaya minimalis pada umumnya gaya scandinavian juga berkesan bersih. Kesan ini muncul karena pemilihina bentuk desain yang geometris sederhana. Bentuk prfil pun jarang kita temukan; kecuali pada cornice itu pun tidak semua.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*