Cara Menata Rumah Dengan Konsep Minimalis

cara menata rumah

Jika anda sudah bosan dengan interior rumah yang sepertinya ketinggalan jaman, maka anda bisa mencoba konsep minimalis.

 

Sekarang jamannya Rumah Minimalis. Orang yang hendak membeli atau membangun rumah baru, biasanya akan memilih  model minimalis.

 

Tapi jika rumah anda sudah terlanjur berdiri apakah harus dirombak agar bisa menjadi minimalis?

 

Tidak harus.

 

Jika anda bisa menangkap makna sesungguhnya dari konsep minimalis pada sebuah rumah maka anda tidak perlu latah ikut-ikutan bongkar rumah.

 

Memangnya apakah yang dimaksud dengan rumah berkonsep minimalis itu?

 

 

Pengertian konsep Rumah Minimalis

Minimalis adalah sebuah aliran dari gaya hidup yang lebih menekankan pada hal-hal yang esensial. Arsitektur Minimalis terilhami oleh gaya ini kemudian menerapkannya sebagai konsep desain. Rumah Minimalis adalah salah satu produk dari Aristektur Minimalis.

 

Jadi Rumah Minimalis adalah rumah yang lebih menekankan pada hal-hal yang esensial dalam perencanaannya.

 

Dalam prakteknya, agar bisa menghasilkan desain rumah yang berjiwa minimalis seorang arsitek akan berbenturan pada beberapa nilai. Mempertemukan esensialitas dan keindahan pada sebuah produk bukanlah hal yang mudah.

 

Keindahan dalam konteks tertentu adalah value yang mahal sementara esensialitas sangat menekankan pada kesederhanaan karena memangkas hal-hal yang tidak diperlukan. Disinilah letak menariknya dari konsep Rumah Minimalis yang dihasilkan. Sebuah rumah harus bisa memancarkan nilai keindahan dari kesederhanaan. Meskipun kesederhanan sebuah rumah adalah hasil dari pemangkasan komponen-komponen yang tidak diperlukan.

 

Inilah tantangan seorang arsitek.

bentuk geometri sederhana yang indah
bentuk geometri sederhana yang indah

 

Namun hasilnya bisa kita lihat sendiri. Sering kita dibuat takjub oleh keindahan sebuah rumah yang hanya berbentuk kotak sederhana. Dengan tangan dingin seorang aristek maka bentuk geomentis yang sederhana bisa membuat kita terpana.

 

 

Manfaat rumah yang ditata secara minimalis

Konsep Rumah Minimalis menjadi solusi bagi anda yang lelah dengan situasi rumah yang berantakan.

 

Salah satu penyebab rumah sering berantakan adalah karena banyaknya barang yang bertumpuk dalam suatu ruangan. Biasanya barang-barang itu belum tentu benar-benar dibutuhkan. Seringnya tanpa sadar kita menaruh barang-barang itu di atas perabot yang juga tidak terlalu dibutuhkan. Jadinya terlalu banyak menumpuk barang dan perabot disebuah ruangan. Anda bisa cepat frustasi karena meskipun sering dibersihkan ruangan itu selalu saja berantakan.

 

Konsep minimalis bisa menjadi solusi atas masalah ini. Jika kita konsisten menjalankan konsep ini maka kita hanya akan menempatkan perabot dan barang-barang yang diperlukan saja. Hasilnya kekacauan dan segala permasalahan diatas bisa diatasi.

 

Rumah Minimalis juga berkesan bersih dan mudah dibersihkan. Sedikitnya barang di sebuah ruangan akan menjadikannya lega, memudahkan perawatan dan tentu saja bersih.

 

Ruang yang sebenarnya sempit juga bisa berkesan luas berkat penerapan konsep minimalis. Sebaliknya sebuah ruang yang besar akan terasa sempit ketika terlalu banyak barang yang menumpuk didalamnya.

 

Jadi semua manfaat Rumah Minimalis itu akan memberikan dampak psikologis yang baik bagi kita. Kita akan merasa lapang, nyaman, dan tidak frustasi saat melakukan pembersihan.

 

 

Cara menata rumah dengan Konsep Minimalis

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, untuk bisa menerapkan konsep minimalis pada sebuah rumah, anda tidak harus melakukan perombakan besar-besaran. Kecuali anda sudah mempersiapkan dana khusus untuk itu.

 

Mulailah dari perubahan mindset yang benar terlebih dahulu. Minimalisme adalah sebuah pola pikir. Penataan ruang anda akan tercapai keminimalismeannya apabila pola pikir anda sudah benar.

 

Ingat, konsep Rumah Minimalis menekankan pada efisiensi dengan memprioritaskan komponen ruang yang esensial. Hal-hal lain yang tidak penting sebaiknya disingkirkan.

 

Baik, berikut ini adalah langkah-langkah dalam menata Rumah Minimalis :

  1. Sebelumnya anda akan memerlukan sebuah gudang penampungan sementara yang akan menerima barang-barang yang tereliminir dari ruangan lain.
  2. Masing-masing ruang memiliki fungsi khusus seperti Ruang Tamu, Kamar Tidur dan ruang lainnya. Pastikan anda hanya akan menempatkan perabot yang sesuai dengan fungsi ruang itu. Perabot yang tidak sesuai dengan fungsi ruang harus anda singkirkan ke gudang.
  3. Jika ada perabot lebih dari satu yang memiliki fungsi sama, cobalah pertimbangkan ulang, apakah hal itu memang benar-benar dibutuhkan. Jika masih bisa ditekan sebaiknya disingkirkan saja ke gudang.
  4. Setelah jumlah dan jenis perabot terseleksi, kini saatnya anda melakukan sidak pada perabot yang terpilih. Anda harus memastikan bahwa pernak-pernik itu benar-benar anda perlukan saat ini. Jika tidak terlalu berguna sebaiknya disingkirkan ke gudang.
  5. Setelah seleksi perabot dan isinya selesai, anda boleh juga berpikir untuk melakukan pengecatan dinding ulang. Ini jika memungkinkan. Pilihlah warna-warna monokromatis yang bersih, cerah dan teduh seperti putih, abu-abu muda atau krem. Tutupi semua perabot anda dengan koran atau plastik agar tidak ternoda selama proses pengecatan.
  6. Pasang satu ornamen sebagai aksen di dinding. Ingat, satu saja! Tapi jika anda memaksa maka semakin sedikit akan semakin baik. Ornamen bisa berupa lukisan abstrak atau hiasan dinding yang lain. Pasang ornamen itu sebagai point of interest yang akan memperkuat kesan ruang.
  7. Setelah semuanya beres, ini langkah terakhir. Sortir ulang barang-barang tereliminir yang ada di gudang. Pertimbangkan dengan matang barang mana yang perlu anda simpan atau disingkirkan. Anda bisa menjual barang-barang itu atau memberikannya kepada teman. Membuat gudang minimalis juga sebuah ide yang bagus.

 

Apa hal wajib yang harus dilakukan selanjutnya

Selamat, jika anda sudah berhasil menerapkan langkah-langkah diatas maka anda sudah tinggal di rumah berkonsep minimalis.

 

Tapi perjalanan anda sebagai seorang minimalist belum berhenti sampai disini.

 

Percuma saja upaya keras anda jika masih memiliki kebiasaan mengumpulkan atau membeli barang-barang yang tidak benar-benar diperlukan. Seorang minimalist yang konsisten biasanya sudah cukup puas dengan apa yang dia miliki. Jika suatu saat dia membeli barang baru maka barang lama yang ada di rumah harus disingkirkan karena ada penggantinya.

 

Menjadi pelaku konsep Rumah Minimalis memerlukan dedikasi. Ini bukan masalah pengiritan atau diet yang berlebihan. Ini adalah sebuah sikap hidup untuk memprioritaskan pada hal-hal yang esensial.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*