Home » Artikel » Rumah Minimalis di Indonesia

Rumah Minimalis di Indonesia

Jul
25
2012
by : chalvary . Posted in : Artikel

desain rumahRumah minimalis adalah trend desain sedang digandrungi saat ini. Banyak bermunculan rumah-rumah baru dengan model yang simple, bersih, dan tegas. Desain rumah minimalils cenderung minim ornament. Dan jika menggunakan ornament pun, biasanya merupakan ornament-ernamen khas yang tidak rumit seperti batu alam bergaris, railing besi hollow, kaca, dan material-material lain. Material tersebut memiliki bentuk dasar yang tegas dan sederhana, seperti kotak, segitiga, dan lingkaran.

Warna yang kita jumpai pada rumah minimalis pun memiliki ciri kas, yaitu abu2, hitam, putih, krem, dan warna monokromatik lain yang tidak jauh dari itu. Terkadang sebagai aksen ditambahkan pula warna-warna yang berbeda dan mencolok pada titik tertentu seperti merah hati, orange, dan hijau scothlight.  Warna-warna tersebut menjadi komponen yang eye catching diantara komponen desain lain secara keseluruhan.

Sebenarnya gaya arsitektur minimalis sudah lahir cukup lama. Cikal bakalnya adalah gaya arsitektur modern. Berawal dari revolusi industry sebelum perang dunia ke 2, gaya minimalis (modern) pada bangunan dikenalkan sebagai reaksi terhadap system penyeragaman, dan kepraktisan. Salah satu tokoh awal desain minimalis yang kesohor adala Le Corbusier. Villa Savoye adalah salah satu desain rumah minimalis karyanya yang telah melegenda hingga sekarang.  Desain rumah tersebut merupakan sebuah gebrakan arsitektur pada saat itu, dengan menggunakan system struktur yang tidak menyatu pada dinding, yang belum pernah dijumpai pada jamannya.

Seiring berjalannya waktu, gaya desain arsitektur terus pula berkembang.  Setelah itu muncul gaya post modern, yang merupakan reaksi kebosanan pada gaya modern yang monoton. Arsitek penganut gaya postmodern mulai mengeskpresikan ornament pada bangunannya. Sering pula dibarengin dengan permainan warna dan material seolah lelah dengan ekspresi gaya modern yang datar.

Ada pula gaya dekonstruksi. Gaya arsitektur ini lebih nyeleneh lagi. Secara ekstrim arsitek penganut dekonstruksi  menunjukkan eksistensi dengan menggunakan kaidah arsitektur yang tidak lazim baik pada struktur maupun fungsi. Kadang dijumpai struktur  dekonstruksi yang melawan gravitasi, atau dinding miring dan tekstur lantai yang “aneh” yang tidak lazim. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa arsitektur dekonstruksi merupakan hasil dari kejeniusan pikiran tentang struktur dan ruang. Hal ini semakin menambah kekayaan wacana dalam dunia arsitektur.

Rumah Minimalis di Indonesia

Pelaku arsitektur didunia barat mungkin sudah meninggalkan era rumah  minimalis, tapi tidak buat kita. Justru saat ini desain rumah minimalis telah menjamur dimana-mana. Apakah desain rumah minimalis di Indonesia sama dengan di Barat tempat lahirnya gaya itu? Saya pikir tidak. Meskipun ngotot minimalis sebenarnya kebanyakan desain rumah yang kit jumpai di Indonesia tidak lagi minimalis murni karena sudah tercampur dengan budaya lokal. Tap ini menjadi sebuah kelebihan menurut saya.  Karena kita kaya dengan material lokal yang unik dan potensial, dan menjadi nilai tamabah ketika digabungkan dengan gaya rumah minimalis.

Bagaimana dengan rumah anda? Apakah termasuk rumah minimalis juga? Dan jangan sampai terjebak  karena rumah minimalis belum tentu dibarengi dengan budget minimalis….

 

mainan anak

Bagi anda yang punya anak kecil, pasti sering membelikan mainan untuk mereka. Untuk info tentang mainan terbaik tahun ini, silahkan cek di : top toys 2013 dan best toys 2013 

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

2 komentar tentang “Rumah Minimalis di Indonesia”

  1. David Usman says:

    Awal lahirnya gaya minimalis (jika tidak salah) adalah “pemberontakan” terhadap gaya arsitektur yang kaya ornamen (spt Gothic, Clasik dan Barok Rococo), jadi intinya miskin ornamen, mudah dikerjakan dan sederhana… jadi, kalau rumahnya keliatan “ribet” dan tidak simple, bukan termasuk minimalist… Indonesia punya gaya sendiri minimalist tradisional mungkin… :D

    • chalvary says:

      Setuju Pak David, seperti Mies van der Rohe bilang : “less is more” sehingga bisa juga diartikan kalau “more is less” hehe…
      Tapi di Indonesia punya style sendiri dalam me”minimalis”kan rumahnya. Mungkin dengan material lokal yang ada atau pengaruh iklim tropisnya Pak…

      Terimakasih sudah berkunjung..

Leave a Reply

Jasa Desain Rumah Minimalis Online
Perumahan Griya Sakinah Asri B2, Tlogowungu, Pati, Jateng, INDONESIA.
Phone 082135688202
Copyright © 2012