Home » Artikel » Dasar-Dasar Dalam Membuat Desain Rumah

Dasar-Dasar Dalam Membuat Desain Rumah

Dec
28
2012
by : chalvary . Posted in : Artikel

Sebuah aktivitas desain rumah yang berhasil adalah kombinasi dari sensitivitas visual, kepraktisan, pemahaman materi dan kesediaan untuk bekerja sama dengan alam sekitarnya. Sebuah rumah yang berhasil tampak pada keindahan visual saat kita melihatnya, tapi selain itu, yang tidak kalah penting adalah kesesuaian pemilihan bahan material dengan kemampuan budget dan  kenyamanan ketika rumah tersebut dihuni.

Lokasi

Sebuah rumah baru bisa  dirancang ketika desainer tahu lokasi di mana rumah itu akan dibangun. Merancang rumah tanpa mengetahui apa yang terjadi di sekitarnya pasti akan menghasilkan sebuah bangunan yang terlihat seolah-olah jatuh dari langit. Rumah yang ideal selalu masuk ke dalam percakapan yang produktif dengan lingkungannya, baik lingkungan yang berada dalam kota, sebuah lembah terpencil atau lingkungan pertanian. Sebuah rumah bisa dibangun dari bahan-bahan lokal sehingga tampaknya telah tumbuh dari lanskap, atau dapat kontras dengan lanskap untuk membuat kesan dramatis.

Bahan
Desain dengan komposisi yang baik akan menjadi  sia-sia jika rumah tersebut dibangun dari bahan yang murahan, jelek atau mengandung zat-zat yang beracun. Bahan-bahan yang direncanakan harus diutamakan ketika mulai merancang rumah, sehingga tampilan, tekstur dan kepadatan bahan akan tampak selaras dengan ukuran dan bentuk rumah.

Kepraktisan
Sebuah rumah yang dirancang dengan baik dibuat agar bisa ditinggali dengan nyaman. Sirkulasi harus bisa dilalui dengan efekif dan nyaman. Kehangatan dan kesejukan menjadi perhatian penting dengan memanfaatkan sinar matahari dan penghawaan alami. Seni dalam mendesain rumah bisa dikatakan berhasil apabila tercapai keselaran antara kepraktisan dan keindahan.

Komposisi
Komposisi adalah seni keseimbangan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi arsitek ketika menerapkannya pada desain rumah. Ada nilai-nilai komposisi yang biasa dipakai dalam  merancang seperti golden section, bentuk geometri dasar, pengulangan, hierarki dan lain-lain. Nilai-nilai komposisi tersebut sebenarnya adalah nilai seni universal yang bisa kita temui pada karya seni lain seperti music, luisan, atau patung. Ketika kita bisa menerapkan hal ini pada desain rumah, maka kita sudah membuat sebuah karya seni pada rumah tersebut.

Demikianlah dasar-dasar dalam membuat desain rumah. Semoga bermanfaat.

Link Penting :

top toys 2013

best toys 2013

best Christmas gifts 2013 

Mau berlangganan artikel ? masukan nama dan email anda

Leave a Reply

Jasa Desain Rumah Minimalis
Perumahan Griya Sakinah Asri B2, Tlogowungu, Pati, Jateng, INDONESIA.
Phone 082135688202
Copyright © 2012