4 Hal Penyebab Baja Ringan Cepat Berkarat

baja ringanBaja ringan kini banyak dijadikan pilihan oleh banyak orang untuk membangun rumah. mulai dari rangka atap, hingga dinding, baja ringan dapat dijadikan bahan bangunan alternatif untuk mengganti kusen atau pun kayu.

 

Kini telah banyak rumah dijual di Surabaya, Jakarta, Bandung, Depok dan daerah lain yang dibangun dengan menggunakan baja ringan.

 

Beberapa keunggulan seperti lebih awet, tahan Kam, murah, mudah dipasang, dan lainnya menjadi alasan masyarakat menggunakan bahan ini. Namun, bahan ini bukan tanpa kekurangan. Kekurangan yang paling utama adalah bahan yang bisa terserang karat bila tidak benar dalam memasangnya.

 

Maka dari itu, ada baiknya Anda memperhatikan alasan apa saja yang membuat baja ringan cepat berkarat. Dengan begitu, anda akan mengetahui 4 hal yang menyebabkan baja ringan cepat berkarat.

 

Tergores

Jika anda menggores baja ringan dengan tangan atau kuku anda, tentunya, baja ringan tidak akan tergores. Hanya saja, baja ringan rentan terkena goresan oleh alat berat seperti palu, tang, kunci, dan berbagai benda lainnya.

 

Jika ada bagian tergores karena alat berat atau ada salah potong dan juga kerusakan ketika disambungkan, segeralah melakukan pengecatan di bagian yang diperlukan. Gunakan cat anti-karat agar karat tidak cepat datang. Maka dari itu, cobalah untuk menggunakan tenaga yang ahli dalam memasang baja ringan untuk mengurangi kesalahan kerja.

 

Asam

Karat juga rentan muncul jika permukaan baja ringan terkenalarutan atau cairan asam. Cairan asam akan membuat lapisan baja ringan menjadi mengelupas dan mudah untuk berkarat. Biasanya, cairan asam tersebut berasal dari pembersih lantai, dan juga cairan lainnya. maka dari itu, pastikan bahwa kedua benda tersebut tidak berdekatan ketika disimpan.

 

Panas dan Hujan

Sejatinya, baja ringan bukanlah material bahan bangunan yang dapat disimpan di bagian luar rumah atau outdoor. Panas dan hujan akan dengan cepat memunculkan karat dari baja ringan. Maka dari itu, cobalah untuk menghindari hal ini. Pasanglah baja ringan pada bagian rumah yang akan tertutup dan tidak terkena panas juga hujan secara langsung. Hindari pemasangan baja ringan pada saat musim hujan.

 

Air Semen

Lapisan anti-karat akan mudah rusak jika terkena air atau larutan atau adonan semen. Maka dari itu, pastikan bahwa kedua barang tersebut tidak terletak dalam jarak berdekatan. Dengan begitu, Anda akan dapat menjaga kualitas dari baja ringan Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*