3 Alasan Orang Takut Investasi Properti

invenstasi properti

Ada banyak jenis investasi yang bisa dilakukan. Mulai dari investasi reksadana, investasi deposito, investasi emas, investasi saham, hingga investasi properti. Jenis investasi yang disebut terakhir disebut-sebut sebagai salah satu yang paling menguntungkan. Bagaimana tidak, harga properti di Indonesia selalu naik setiap tahunnya.

 

Walau begitu, masih banyak saja orang yang ketakutan untuk terjun langsung ke dunia investasi properti. Hal ini karena adanya rasa takut akan risiko yang dada. Padahal, berinvestasi di bidang properti yang dilakukan sejak muda belia, nilai investasinya bisa menguntungkan hingga mencapai angka 50 persen.

 

Karena menguntungkannya, maka investasi properti juga banyak dipilih menjadi instrumen berinvestasi untuk hari tua atau memasuki masa pensiun.

 

Lalu apa alasan banyak orang takut berinvestasi properti? Berikut adalah beberapa di antaranya.

invenstasi properti

Jatuh Harga

Banyak di antara para pelaku investasi yang menakuti jatuhnya harga properti di Indonesia. Padahal, banyak orang yang berinvestasi untuk mengambil untung sehingga sela menghindari risiko yang ada. Namun, setiap investasi tentunya memiliki risiko. Semakin besar risiko, maka keuntungannya semakin besar. Semakin kecil risiko, maka keuntungan semakin rendah.

 

Bagi yang mulai berinvestasi properti dengan menggunakan KPR, pasti banyak yang waswas bagai mana nilai kenaikan suku bunga yang ada. Sehingga banyak yang ragu untuk memulai berinvestasi di bidang properti. Padahal, waktu yang terbaik adalah ketika anda siap untuk berinvestasi, apapun risikonya.

 

Properti yang ada haruslah dibeli dengan kondisi finansial yang baik sehingga akan memiliki keuntungan yang baik pula. Sehingga tidak membebankan kondisi finansial yang ada.

 

Salah Beli Rumah

Salah satu alasan lain yang kerap muncul adalah soal masalah takut memilih rumah untuk dijadikan investasi. Bisanya, lokasi menjadi faktor utama seseorang membeli rumah.

 

Sebenarnya, hal ini dikembalikan kepada insting masing-masing orang saja. Apakah anda akan berinvestasi di rumah mewah, atau rumah minimalis murah? Apakah rumah yang akan dijadikan investasi akan memiliki lokasi yang strategis? Apakah akan banyak orang yang mencari? Apakah lokasi rumah berada di kawasan yang memiliki prospek baik?

 

Ketika yakin, maka, anda bisa segera menjadikannya tempat investasi Anda.

 

Takut Mengalami Penipuan

Biasanya, mereka yang baru saja berkecimpung atau berhubungan langsung dengan dunia properti akan ada yang mengalami pengalaman buruk. Salah satunya adalah ditipu oleh agen properti. Agen ada yang kurang transparan terhadap segala yang dilakukannya. Sehingga banyak orang yang takut mengalami penipuan. Padahal, tidak seluruh agen properti melakukan hal tersebut. Ada banyak yang juga jujur untuk menjual rumah.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*